Ekonomi

Voting Dominion Menuntut Fox sebesar $ 1,6 miliar Selama Klaim Pemilu 2020

Big News Network


WASHINGTON – Sistem Voting Dominion pada hari Jumat mengajukan gugatan pencemaran nama baik senilai $ 1,6 miliar terhadap Fox News, dengan alasan raksasa berita kabel itu secara keliru mengklaim dalam upaya untuk meningkatkan peringkat yang goyah bahwa perusahaan pemungutan suara telah mencurangi pemilihan 2020.

Ini adalah gugatan pencemaran nama baik pertama yang diajukan terhadap outlet media oleh perusahaan pemungutan suara, yang menjadi sasaran klaim menyesatkan, palsu, dan aneh yang disebarkan oleh Presiden Donald Trump dan sekutunya setelah kekalahan Trump dalam pemilihan umum dari Joe Biden. Klaim itu membantu memacu para perusuh yang menyerbu Capitol AS pada 6 Januari dalam pengepungan dengan kekerasan yang menewaskan lima orang, termasuk seorang petugas polisi. Pengepungan itu menyebabkan pemakzulan kedua Trump yang bersejarah.

Dominion berpendapat bahwa Fox News, yang memperkuat pernyataan tidak akurat bahwa Dominion mengubah suara, “menjual cerita palsu tentang kecurangan pemilu untuk memenuhi tujuan komersialnya sendiri, yang sangat melukai Dominion dalam prosesnya,” menurut salinan gugatan yang diperoleh The Associated Press.

Beberapa segmen pelaporan siaran Fox News telah menyanggah beberapa klaim yang menargetkan Dominion. Sebuah email yang dikirim ke Fox News Jumat pagi, meminta komentar atas gugatan tersebut, tidak segera dibalas.

Tidak ada kecurangan yang meluas dalam pemilu 2020, fakta yang dikonfirmasi oleh sejumlah pejabat pemilu di seluruh negeri – dan bahkan Jaksa Agung Trump, William Barr -. Gubernur Republik di Arizona dan Georgia, negara bagian penting di medan pertempuran yang penting bagi kemenangan Biden, juga menjamin integritas pemilu di negara bagian mereka. Hampir semua gugatan hukum dari Trump dan sekutunya ditolak oleh hakim, termasuk dua yang diajukan oleh Mahkamah Agung, yang memiliki tiga hakim yang dicalonkan oleh Trump.

Namun, beberapa karyawan Fox News mengangkat tuduhan palsu bahwa Dominion telah mengubah suara melalui algoritma dalam mesin pemungutan suara yang telah dibuat di Venezuela untuk mencurangi pemilihan mendiang diktator Hugo Chavez. Kepribadian siaran membawa sekutu Trump Sidney Powell dan Rudy Giuliani, yang menyebarkan klaim tersebut, dan kemudian memperkuat klaim tersebut di platform media sosial besar-besaran Fox News.

Dominion mengatakan dalam gugatan itu bahwa mereka mencoba berulang kali untuk meluruskan tetapi diabaikan oleh Fox News.

Perusahaan tersebut berpendapat bahwa Fox News, sebuah jaringan yang menampilkan beberapa kepribadian pro-Trump, mendorong klaim palsu untuk menjelaskan kehilangan mantan presiden tersebut. Raksasa TV kabel kehilangan penonton setelah pemilu dan dipandang oleh beberapa pendukung Trump sebagai tidak cukup mendukung Partai Republik.

Pengacara untuk Dominion mengatakan perilaku Fox News sangat berbeda dari outlet media lain yang melaporkan klaim tersebut.

“Ini adalah keputusan bisnis yang sadar dan mengetahui untuk mendukung dan mengulangi dan menyiarkan kebohongan ini untuk mempertahankan penayangannya,” kata pengacara Justin Nelson, dari Susman Godfrey LLC.

Meskipun Dominion melayani 28 negara bagian, hingga pemilihan 2020 sebagian besar tidak dikenal di luar komunitas pemilihan. Sekarang secara luas ditargetkan di kalangan konservatif, dilihat oleh jutaan orang sebagai salah satu penjahat utama dalam kisah fiksi di mana Demokrat bersekongkol secara nasional untuk mencuri suara dari Trump, kata gugatan itu.

Karyawan Dominion, dari insinyur perangkat lunak hingga pendirinya, telah dilecehkan. Beberapa menerima ancaman pembunuhan. Dan perusahaan telah menderita “kerugian ekonomi yang sangat besar dan tidak dapat diperbaiki,” kata pengacara.

Dominion juga menggugat Giuliani, Powell dan CEO MyPillow yang berbasis di Minnesota atas klaim tersebut. Perusahaan teknologi saingan, Smartmatic USA, juga menggugat Fox News atas klaim pemilihan. Tidak seperti Dominion, partisipasi Smartmatic dalam pemilu 2020 dibatasi untuk Los Angeles County.

Pengacara Dominion mengatakan mereka belum mengajukan tuntutan hukum terhadap tokoh media tertentu di Fox News, tetapi pintunya tetap terbuka. Beberapa di Fox News tahu bahwa klaim itu salah, tetapi komentar mereka dibungkam, kata pengacara.

“Masalahnya berhenti pada Fox dalam hal ini,” kata pengacara Stephen Shackelford. “Fox memilih untuk meletakkan ini di semua platformnya. Mereka menyiarkan ulang, menerbitkannya kembali di media sosial dan tempat lain.”

Gugatan itu diajukan di Delaware, tempat kedua perusahaan tersebut didirikan, meskipun Fox News berkantor pusat di New York dan Dominion berbasis di Denver.

Author : Togel Sidney