Europe Business News

Uni Eropa Menyerukan China untuk Membalikkan Larangan di Saluran Berita Dunia BBC

Big News Network


BEIJING – Uni Eropa pada hari Sabtu meminta China untuk mencabut larangannya terhadap saluran televisi BBC World News yang diberlakukan sebagai pembalasan nyata atas pencabutan lisensi perusahaan penyiaran China milik negara CGTN oleh Inggris.

Uni Eropa mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa langkah Beijing selanjutnya membatasi “kebebasan berekspresi dan akses ke informasi di dalam perbatasannya,” dan melanggar baik konstitusi China maupun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia.

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa pengumuman Hong Kong bahwa penyiar publiknya juga akan berhenti menyiarkan siaran BBC menambah “erosi hak dan kebebasan yang sedang berlangsung” di wilayah semi-otonom China sejak pemberlakuan tahun lalu dari keamanan nasional baru yang menyapu. hukum.

“Uni Eropa tetap berkomitmen kuat untuk menjaga kebebasan dan pluralisme media, serta melindungi hak atas kebebasan berekspresi online dan offline, termasuk kebebasan untuk berpendapat dan menerima serta menyampaikan informasi tanpa campur tangan apa pun,” kata pernyataan itu.

Meskipun Inggris tidak lagi berada di UE, ia tetap menjadi anggota Dewan Eropa, yang mengawasi perjanjian tahun 1989 yang menghubungkan izin penyiaran. Inggris, AS, dan koresponden asing yang berbasis di China juga menyatakan kekecewaan atas larangan BBC.

Langkah China Kamis sebagian besar bersifat simbolis, karena BBC World hanya ditayangkan pada sistem TV kabel di hotel dan kompleks apartemen untuk orang asing dan beberapa bisnis lainnya. Namun, itu terjadi dengan latar belakang konflik yang berkembang antara Beijing dan pemerintah Barat atas banyak masalah mulai dari hak asasi manusia hingga perdagangan dan pandemi COVID-19 di mana kritik China atas liputan media asing telah memainkan peran penting.

Administrasi Radio dan Televisi Nasional China mengatakan liputan BBC World News tentang negara itu melanggar persyaratan bahwa pelaporan berita harus benar dan tidak memihak, yang mencerminkan keluhan atas laporan BBC tentang tanggapan awal pemerintah terhadap wabah virus di China. Keluhan lainnya adalah atas tuduhan kerja paksa dan pelecehan seksual di wilayah barat laut China Xinjiang, rumah bagi orang Uighur dan kelompok etnis Muslim lainnya. Pernyataan Uni Eropa secara khusus mengaitkan larangan tersebut dengan pelaporan BBC tentang topik tersebut.

Tidak jelas apakah wartawan BBC di China akan terpengaruh. Tahun lalu, Beijing mengusir wartawan asing untuk The Washington Post, The Wall Street Journal dan The New York Times di tengah perselisihan dengan pemerintahan Trump dan keluhan atas kritik media terhadap Partai Komunis yang berkuasa.

Pengawas komunikasi Inggris, Ofcom, mencabut lisensi CGTN, saluran berita satelit berbahasa Inggris China, pada 4 Februari, mengutip tautan ke Partai Komunis, di antara alasan lainnya.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan Ofcom bertindak atas dasar “politik berdasarkan bias ideologis.”

Kehilangan lisensi British-nya merupakan pukulan besar bagi CGTN, yang merupakan bagian dari upaya global oleh partai tersebut untuk mempromosikan pandangannya dan menantang narasi media Barat tentang China, yang telah menuangkan sumber daya yang sangat besar. CGTN memiliki pusat operasi Eropa di London.

Author : Toto SGP