Europe Business News

Tekan Kembali Polandia di Kontrol Pemerintah

Big News Network


Ketika pengadilan Warsawa memblokir kilang minyak yang dikendalikan negara agar tidak melahap grup berita regional besar bulan lalu, banyak yang merayakan keputusan itu sebagai kemenangan kebebasan pers.

Tapi perayaan mungkin berumur pendek. Keesokan harinya, Daniel Obajtek, Ketua Pelaksana Kilang PKN Orlen, menyatakan kesepakatan untuk mengakuisisi Polska Press tetap berlaku.

“Tidak ada dasar hukum untuk membatasi hak perusahaan yang dihasilkan dari saham yang diakuisisi,” cuit Obajtek. Beberapa hari kemudian, PKN Orlen merilis laporan keuangan tahunannya yang menunjukkan bahwa akuisisi tersebut dilakukan sebelum adanya keputusan pengadilan dan tetap berkekuatan hukum tetap.

FOTO FILE: Logo PKN Orlen, penyulingan minyak terbesar Polandia, digambarkan di sebuah pompa bensin di Warsawa, Polandia, 25 April 2019.

Begitulah yang terjadi di Polandia, di mana para analis melihat upaya perusahaan yang didukung negara untuk menasionalisasi media swasta sebagai bagian dari strategi oleh partai Hukum dan Keadilan (PiS) yang berkuasa sayap kanan untuk menjaga jurnalis tetap terkendali.

“Di masa lalu, kami menyaksikan situasi serupa ketika (pemimpin partai) Jaroslaw Kaczyński mempertanyakan penilaian tertentu,” kata Roman Imielski, wakil pemimpin redaksi surat kabar terbesar Polandia, Gazeta Wyborcza, kepada VOA. “Inilah negara hukum di Polandia saat ini: Pihak berwenang tidak menghormati keputusan pengadilan ketika mereka tidak menyukai mereka.”

Respon Cepat Kebebasan Media, yang melacak pelanggaran kebebasan pers di negara-negara anggota Uni Eropa, mengatakan dalam sebuah laporan awal tahun ini bahwa PiS telah “memelopori bentuk penangkapan media yang unik di Uni Eropa” dengan pengambilalihan Polska Press.

Taktik itu mengambil inspirasi dari pemimpin Hongaria Viktor Orban, yang telah menggunakan koneksi dengan taipan bisnis Hongaria untuk membeli kendali atas outlet berita independen, kata laporan itu.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban meninggalkan gedung Dewan Uni Eropa pada pagi hari selama KTT Uni Eropa di Brussel, ... Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban meninggalkan gedung Dewan Uni Eropa selama KTT Uni Eropa di Brussel, 20 Juli 2020.

Kaczyński secara terbuka memuji model Hongaria, mengatakan pada tahun 2011 bahwa akan tiba saatnya Warsawa akan terlihat seperti Budapest. Sepuluh tahun kemudian, Partai Hukum dan Keadilan mengendalikan Parlemen negara itu, dengan media sedang dalam pengawasannya.

Sebagai kepala arsitek kebijakan pemerintah, Kaczyński mengatakan bahwa begitu reformasi hukum diterapkan, media akan menjadi yang berikutnya untuk melakukan perubahan.

Akuisisi Polska Press, yang dimiliki oleh perusahaan Jerman Verlagsgruppe Passau, tampaknya sesuai dengan rencana itu.

“Partai yang berkuasa mencoba membujuk penerbit media untuk mengambil sikap yang lebih seimbang terhadap pemerintah. Tetapi mereka tidak dapat melakukannya kepada perusahaan milik asing,” kata Leszek Jażdżewski, kolumnis dan pemimpin redaksi majalah Liberte Polandia.

“Mereka mencoba menasionalisasi mereka. Bahkan, mereka mengatakan ‘repolonisasi’, tetapi dalam praktiknya itu adalah renasionalisasi karena tidak ada dana swasta yang tersedia di Polandia untuk mengambil alih media tersebut dari tangan perusahaan asing,” kata Jażdżewski.

“Repolonisasi” – istilah yang beredar sejak partai yang berkuasa mengambil alih kekuasaan – mengacu pada upaya untuk membawa media dan bank negara di bawah kepemilikan Polandia.

Investor asing menyumbang sekitar 40% kepemilikan dan 75% sirkulasi di media Polandia, menurut Deutsche Welle, penyiar publik Jerman. Untuk Polska Press, yang mencakup 20 surat kabar regional, 120 mingguan lokal, dan banyak situs berita, itu adalah jangkauan media yang besar di wilayah medan pertempuran pemilihan utama.

PiS juga mengatakan bahwa media milik Jerman dan Amerika “dimanipulasi” oleh politisi dari negara-negara tersebut, dan mereka mengeluhkan pengaruh asing di media negara tersebut. Setelah serangkaian artikel kritis oleh koresponden Polandia muncul di media Jerman selama pemilihan presiden Polandia tahun lalu, Kementerian Luar Negeri memanggil seorang anggota Kedutaan Besar Jerman dan mengatakan kepada mereka bahwa Polandia “dengan tegas menentang kebohongan dan manipulasi Jerman.”

Dalam sebuah pernyataan kepada VOA, kantor perdana menteri membantah niatnya untuk membangun kendali politik atas penerbit.

“Pemerintah tidak memiliki rencana untuk menasionalisasi media, dan juga tidak pernah memiliki rencana seperti itu. Kami telah berulang kali menunjukkan pentingnya asal usul ibu kota yang digunakan untuk membiayai outlet media sebagai faktor yang menentukan kedaulatan informasi nasional,” Sebastian Kęciek, International Projects Direktur departemen di kantor perdana menteri, mengatakan kepada VOA.

Kęciek mengatakan bahwa sebelum akuisisi Polska Press, 17 dari 20 surat kabar regional terbesar dimiliki oleh sebuah perusahaan Jerman, dan dia menggambarkan kesepakatan itu sebagai penyelamat bagi pakaian media.

“Seorang investor Jerman ingin melepas sahamnya di Polska Press, dan sebuah perusahaan Polandia siap mengakuisisi mereka. Investasi modal Polandia akan memungkinkan untuk menyelamatkan banyak dari mereka dari kebangkrutan,” kata Kęciek kepada VOA.

Sejauh ini, baru satu pengambilalihan yang telah diusulkan. Agora, yang memiliki Gazeta Wyborcza, mencoba mengakuisisi Eurozet, yang akan memberinya kendali atas 70% pasar. Tetapi pengawas anti-monopoli Polandia memblokir upaya tersebut.

Seorang pria membaca koran harian Polandia Gazeta Wyborcza di pusat kota Warsawa pada tanggal 23 November 2005. Dua harian Polandia terkemuka ... Seorang pria membaca surat kabar Polandia Gazeta Wyborcza di Warsawa 23 November 2005. Dua surat kabar Polandia terkemuka menutup sebagian besar halaman depan mereka untuk memprotes pelanggaran kebebasan pers di Belarus.

Diserang

Misi Respon Cepat Kebebasan Media memperingatkan bahwa meskipun terlihat pluralisme di media, partai yang berkuasa “terus melancarkan serangan multi-cabang terhadap media independen dalam upaya memberangus pemberitaan kritis dan merusak jurnalisme pengawas.”

Pihak berwenang memberlakukan denda dan denda pajak yang berlaku surut, meluncurkan penyelidikan antitrust untuk menghentikan merger dan menerapkan tekanan administratif, kata pengawas media. Pemerintah sebelumnya mengatakan sedang mengerjakan RUU yang akan membatasi kepemilikan asing, tetapi rincian lebih lanjut belum dirilis.

Polityka dan Newsweek, mingguan cenderung liberal yang kritis terhadap pemerintah, bersama dengan Gazeta Wyborcza, kehilangan semua iklan dari perusahaan milik negara ketika PiS berkuasa pada tahun 2015.

Langganan cetak dari pengadilan, sebagian besar kementerian dan entitas sektor publik lainnya juga ditarik dalam sebuah langkah yang menurut pengawas media tampaknya menjadi bagian dari strategi.

Gazeta Wyborcza telah menemukan dirinya melawan serangan gugatan hukum sejak 2015.

Salah satu surat kabar independen pertama yang didirikan setelah jatuhnya komunisme pada tahun 1989, harian tersebut tidak ragu-ragu menerbitkan laporan investigasi yang mengungkap korupsi. Tapi itu telah menyebabkan hampir 70 tuntutan hukum, termasuk dari anggota Parlemen dan politisi, termasuk Menteri Kehakiman Zbigniew Ziobro.

“Kami memenangkan 99% kasus, tetapi membutuhkan banyak energi dari tim hukum kami, jurnalis dan staf editorial,” kata Imielski kepada VOA.

Surat kabar mana pun yang berperan sebagai pengawas pemerintah dan mengungkap skandal atau penipuan berisiko dituntut, kata Imielski. “Tapi belum pernah sebelum 2015 kita menyaksikan longsoran tindakan hukum oleh pemerintah,” katanya.

Kęciek, dari kantor perdana menteri, mengatakan kepada VOA bahwa keberadaan Gazeta Wyborcza adalah bukti bahwa pemerintah tidak berusaha membatasi kebebasan pers.

“Harian dan mingguan Polandia terbesar, Gazeta Wyborcza dan Polityka, adalah milik Polandia, namun mereka berdua mengkritik pemerintah Hukum dan Kehakiman tanpa henti,” katanya.

Ditanya apa yang dilihatnya sebagai bahaya terbesar bagi kebebasan media di Polandia, Imielski dengan cepat menunjuk ke Hongaria, di mana hanya sedikit gerai yang benar-benar independen.

Begitu pula Jażdżewski, dari Liberte.

“Jika Anda ingin memahami apa yang bisa dilakukan Hukum dan Keadilan, Anda harus melihat Orban,” kata wartawan itu. Orban telah terbukti terampil dalam menghindari hukuman dari Uni Eropa karena mengikis institusi demokrasi dan kebebasan media.

Tetap saja, kata Imielski, Polandia masih memiliki jalan panjang untuk menyerupai Hongaria, dan perpecahan internal baru-baru ini dalam koalisi yang berkuasa dapat menciptakan rintangan. Tetapi dia memiliki sedikit keraguan bahwa pihak berwenang akan berusaha untuk terus memperketat cengkeraman mereka pada media komersial.

“Impian mereka adalah membangun negara di mana hampir tidak ada kritik dan semua media besar bergantung pada pihak berwenang, dan peran mereka bukan untuk menginformasikan kepada publik, tetapi bertindak demi partai yang berkuasa,” kata Imielski.

Author : Toto SGP