Legal

Pemerintah Hong Kong menyerukan pengawasan yang lebih ketat terhadap penyiar

Big News Network


Hong Kong, 24 Februari (ANI): Pemerintah Hong Kong telah menyerukan pengawasan yang lebih ketat terhadap penyiar publik kota oleh penasihat yang ditunjuk pemerintah, sebuah langkah yang dilihat oleh aktivis pro-demokrasi sebagai upaya untuk membatasi kebebasan pers.

Menurut The New York Times, pemerintah Hong Kong menuduh penyiar publik Radio Television Hong Kong (RTHK) dalam laporan 157 halamannya sering melaporkan secara kritis kepada para pejabat dan kurang transparan dan obyektif.

Laporan itu muncul beberapa jam setelah pemerintah mengumumkan bahwa kepala penyiar publik akan meninggalkan jabatannya enam bulan sebelum masa jabatannya berakhir. Namun, penggantinya adalah PNS dari luar dinas penyiaran yang tidak memiliki pengalaman jurnalistik.

Bagi pendukung gerakan pro-demokrasi Hong Kong, masalah RTHK menandakan nasib jurnalisme independen di bawah tindakan keras yang semakin intensif terhadap perbedaan pendapat. Seringkali dibandingkan dengan BBC, penyiar tersebut didanai pemerintah tetapi dijanjikan kebebasan editorial dalam piagamnya, lapor The New York Times.

Minggu lalu, RTHK mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi menyiarkan program British Broadcasting Company (BBC), tak lama setelah China melarang penyiar publik Inggris “di dalam wilayah China”.

Selama dan setelah protes anti-pemerintah besar-besaran pada tahun 2019, penyiar menyelidiki kelambanan polisi selama serangan massa terhadap pengunjuk rasa pro-demokrasi, dan para reporternya mengecam pejabat tinggi pemerintah.

Program-program tersebut menjadikan RTHK target favorit tokoh-tokoh pro-pemerintah, terutama selama setahun terakhir karena Beijing telah menegakkan undang-undang keamanan yang luas untuk membungkam protes dan mengintimidasi para kritikus, lapor The New York Times.

Namun, tahun lalu otoritas komunikasi Hong Kong memerintahkan penyiar tersebut untuk mendisiplinkan karyawan pada program satir politik setelah memutuskan bahwa sandiwara telah menghina kepolisian. (Program itu sendiri kemudian ditangguhkan.) Pada bulan Agustus, RTHK menghapus podcast yang menampilkan wawancara dengan seorang aktivis terkenal setelah pihak berwenang memperingatkan bahwa itu dapat melanggar undang-undang keamanan.

Tiga bulan kemudian, polisi menangkap Choy Yuk-ling, produser RTHK pemenang penghargaan yang membuat film dokumenter tentang serangan massa, lapor The New York Times.

Salah satu anggota parlemen terkemuka telah menyarankan agar RTHK dimasukkan ke dalam departemen hubungan masyarakat pemerintah. Tokoh pro-Beijing telah mengajukan ribuan pengaduan terhadap stasiun tersebut dan melakukan protes di luar kantornya.

Carrie Lam, kepala eksekutif Hong Kong, mengatakan bulan ini bahwa jumlah pengaduan yang terbukti terhadap RTHK dalam beberapa tahun terakhir “tidak dapat diterima.” “Posisi saya adalah bahwa RTHK sangat perlu ditingkatkan,” katanya. “Ada banyak hal di Hong Kong yang perlu diperbaiki.” Laporan pemerintah adalah hasil dari tinjauan tujuh bulan, yang diumumkan para pejabat musim semi lalu sebagai tanggapan atas “keprihatinan publik yang luas” tentang kinerja penyiar. Peninjauan tersebut dipimpin oleh seorang pegawai negeri sipil senior, Jessie Ting Yip Yin-mei, yang menurut Lam dikenal sebagai “favoritnya”. Laporan tersebut menyebut proses editorial RTHK “sangat tidak memadai” dan mengatakan bahwa tidak ada mekanisme yang jelas untuk memastikan “tepat. penanganan masalah sensitif / kontroversial. ” Ia juga menuduh RTHK menawarkan “tidak ada jaminan” bahwa pengaduan masyarakat akan diselidiki secara imparsial.

Ia mengkritik penyiar karena tidak secara aktif mencari nasihat dari Dewan Penasihat yang ditunjuk pemerintah. Dewan tersebut dipimpin oleh tokoh-tokoh yang memiliki hubungan dekat dengan Beijing, lapor The New York Times.

Laporan tersebut mengatakan bahwa RTHK harus menyimpan catatan tertulis tentang bagaimana keputusan liputan dibuat, membina hubungan yang lebih kuat dengan dewan penasihat dan memastikan bahwa pemimpin redaksi memainkan peran yang lebih aktif dalam membentuk liputan.

Beberapa orang bertanya-tanya bagaimana peran yang lebih aktif itu akan dimainkan di bawah kepala yang baru diumumkan, Patrick Li. Sementara pemimpin redaksi yang akan pergi, Leung Ka-wing, telah bekerja sebagai reporter dan editor di berbagai organisasi berita, Li, yang saat ini menjabat sebagai wakil sekretaris urusan dalam negeri, tidak memiliki latar belakang jurnalistik.

Selain itu, pemerintah tidak menjelaskan kepergian awal Leung tetapi mengatakan bahwa kontraknya telah “diselesaikan lebih awal dengan persetujuan bersama,” The New York Times melaporkan. (ANI)

Author : Pengeluaran Sidney