Legal

Ketakutan Mencengkeram Penyiar Umum Hong Kong

Big News Network


BANGKOK – Penyiar berita publik Hong Kong yang penting berisiko menjadi corong pemerintah karena Beijing memperketat cengkeramannya, menurut orang dalam yang menggambarkan meningkatnya tekanan editorial dan perintah untuk mundur dari kontes jurnalisme.

Radio Television Hong Kong (RTHK) merasakan perubahan di bawah manajer yang baru ditunjuk dan undang-undang keamanan nasional kota yang baru, meningkatkan kekhawatiran bahwa penyiar akan lebih dekat dengan pemerintah Hong Kong yang dikendalikan Partai Komunis.

Bulan lalu, pemerintah daerah Hong Kong menunjuk Patrick Li Pak-Chuen, seorang birokrat karir tanpa pengalaman media, sebagai direktur penyiaran RTHK yang baru. Sejak itu, media lokal memberitakan bagaimana beberapa acara yang dianggap bias oleh manajemen baru RTHK ditangguhkan oleh Li, yang juga pemimpin redaksi.

VOA mewawancarai seorang karyawan senior RTHK yang mengetahui diskusi internal di penyiar, yang meminta anonimitas untuk menghindari pembalasan dan berbicara terus terang. Secara keseluruhan, kata sumber itu, wartawan RTHK merasa tidak yakin tentang arah manajemen yang baru dan berada di bawah tekanan untuk menyesuaikan diri.

Menanggapi permintaan VOA untuk memberikan komentar dari direktur penyiaran, kepala komunikasi dan standar perusahaan RTHK mengatakan bahwa penyiar “independen secara editorial seperti yang ditetapkan dalam piagam RTHK” yang “akan terus dipatuhi”.

Suasana ‘represif’

Namun sumber RTHK mendeskripsikan suasana sebagai “tegang” dan “represif” dengan “pendekatan top-down.” Produsen sekarang harus memiliki acara terkini yang telah disetujui sebelumnya, dan direktur meminta lebih banyak suara pro-pemerintah di segmen. Bahkan ketika “ketidakberpihakan” ditunjukkan, kata karyawan tersebut, tunjukkan gagasan ditolak dengan sedikit penjelasan.

“Mereka tidak akan memberi tahu Anda batas waktu sampai mereka tiba-tiba mengatakan Anda melewati batas, tetapi mereka tidak memberikan detail bagaimana garis tersebut dilintasi – seperti orang-orang tertentu yang tidak dapat Anda wawancarai, itu semua dalam kegelapan,” kata sumber. “Rahasia.”

VOA merasa semakin sulit untuk menghubungi sumber di dalam penyiar, dengan banyak wawancara yang menurun karena takut akan pembalasan.

Ketakutannya adalah bahwa RTHK akan lebih dekat dengan media yang dikendalikan negara China. “Itu membayangi kita,” kata sumber itu. “Ada beberapa orang oportunis yang telah menawarkan untuk menghasilkan sesuatu yang tidak terlalu jauh dari propaganda.”

RTHK adalah satu-satunya penyiar publik Hong Kong. Ini meluncurkan program radio pertamanya pada tahun 1928 di bawah Pemerintah Hong Kong Inggris tetapi kemudian menjadi departemen independen. Pada tahun 1990-an, RTHK telah memproduksi konten web, televisi dan radio dan terikat oleh piagamnya untuk menjadi editorial independen.

Pemerintah membiayai penyiar. Dengan perkiraan pengeluaran tahunan Biro Pengembangan Ekonomi dan Perdagangan sekitar $ 1,5 miliar dolar Hong Kong (US $ 135 juta), penyiar tersebut memproduksi konten untuk tujuh radio dan tiga stasiun TV dan menyediakan layanan berita dalam tiga bahasa.

Ng Chi-sam, kanan, dan Tsang Chi-ho, pembawa acara komedi satir RTHK “Headliner”, tampil di Hong Kong, Cina, 5 Juni 2020.

Penyensoran bergerak

Politik mengganggu RTHK mulai tahun 2019 ketika protes anti-Beijing berkecamuk. Sejak itu, beberapa pertunjukan telah ditangguhkan karena dianggap kritik pemerintah. Mereka termasuk pertunjukan satir, “Headliner,” yang dituduh bias terhadap polisi Hong Kong.

Wawancara dengan Nathan Law, seorang aktivis terkemuka yang sekarang diasingkan, dihapus dari situs web RTHK setelah laporan bahwa UU dicari karena melanggar keamanan nasional.

Tim peninjau telah dibentuk dalam penyiar untuk memeriksa konten masa depan, dan lagu kebangsaan China sekarang diputar setiap hari di saluran radio RTHK, upaya yang dianggap mempromosikan “patriotisme” di antara penduduk Hong Kong. Penyiar itu juga mengikuti keputusan China untuk menghentikan siaran radio BBC World Service setelah dikritik oleh pemerintah China.

RTHK telah memenangkan pengakuan jurnalisme internasional untuk liputannya selama protes 2019. Tetapi surat kabar pro-demokrasi Apple Daily melaporkan bahwa penyiar tersebut diperkirakan akan menolak Penghargaan Hak Asasi Manusia dari kelompok jurnalisme lokal dan Amnesty International. Penghargaan tersebut dilaporkan untuk film dokumenter RTHK tentang serangan massa Yuen Long terhadap warga sipil setelah protes pada Juli 2019.

Sumber RTHK mengatakan kepada VOA bahwa perintah untuk tidak menerima penghargaan atau mengikuti kontes jurnalisme datang “langsung dari manajemen” dan pembatasan tersebut mencakup semua bentuk media, termasuk “radio dan televisi.”

Kantor komunikasi penyiar mengatakan kepada VOA bahwa tinjauan internal mengidentifikasi bahwa penyiar memiliki “ruang untuk perbaikan,” termasuk “mekanisme nominasi program radio dan televisi untuk lokal, Daratan. [China] dan penghargaan internasional. “

Memalukan, tuduhan kriminal

Jurnalis RTHK juga mendapat sorotan.

Produser Yvonne Tong secara terbuka dikecam oleh pemerintah karena diduga melanggar “kebijakan Satu China” ketika membahas tanggapan pandemi COVID-19 Taiwan dengan seorang pejabat Organisasi Kesehatan Dunia.

Petugas program Nabela Qoser dilanda keluhan dari tokoh-tokoh pro-pemerintah tentang pendekatan langsungnya ketika menanyai Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam pada konferensi pers pada tahun 2019. Kontrak kerja awal Qoser diputus tetapi dia menerima kesepakatan jangka pendek baru yang menambahkan tingkat ketidakpastian masa depannya dengan penyiar.

Bao Choy Yuk-Ling, seorang produser lepas dengan RTHK, meninggalkan Pengadilan Magistrates Kowloon Barat setelah pengadilan memutuskan dia bersalah atas ... Bao Choy Yuk-Ling, seorang produser lepas dengan RTHK, meninggalkan Pengadilan Magistrat West Kowloon setelah dinyatakan bersalah membuat pernyataan palsu untuk mendapatkan data untuk sebuah film dokumenter, di Hong Kong, Cina, 22 April 2021.

Dan pada hari Kamis, pengadilan Hong Kong memutuskan Bao Choy, produser lepas dari film dokumenter Yuen Long yang sekarang memenangkan penghargaan, bersalah karena secara ilegal mendapatkan data untuk episode tersebut. Bao didenda HKD $ 6.000 (US $ 773). Film dokumenter tersebut menyoroti tanggapan tertunda oleh polisi Hong Kong atas serangan massa, di mana puluhan orang terluka.

Pemerintah baru-baru ini menyerukan “patriot” Hong Kong untuk memadamkan kerusuhan di kota itu. Pada Februari, seluruh pegawai negeri, termasuk ratusan pegawai RTHK, diminta untuk menandatangani surat kesetiaan kepada pemerintah. Ketakutannya adalah bahwa ini akan memungkinkan kritik pemerintah menjadi sasaran di bawah undang-undang keamanan nasional yang baru.

Nicholas Cull, profesor diplomasi publik di Annenberg School for Communication and Journalism di University of Southern California, mengatakan kepada VOA bahwa “integrasi penuh media adalah tujuan jangka panjang Beijing.”

Ini bagian dari lingkungan yang memburuk secara global bagi media, katanya, karena penyiar di Polandia, Slovenia, dan Hongaria telah menjadi sasaran. “Di banyak tempat, ada asumsi kontrol negara atas lembaga penyiaran publik,” kata Cull.

‘Sangat berbahaya’ bagi jurnalis

Undang-undang keamanan nasional digambarkan oleh pengawas media Reporters Without Borders sebagai “sangat berbahaya” bagi jurnalis. Ini peringkat Hong Kong ke-80 dari 180 negara, di mana 1 adalah yang paling bebas, dalam indeks kebebasan pers yang dirilis Selasa.

Sumber RTHK yang berbicara dengan VOA menggambarkan situasi yang memburuk, dengan komunikasi yang rendah, sedikit pertemuan, dan kurangnya transparansi serta masukan dari staf senior, karena “kebenaran politik” menjadi satu-satunya pertimbangan bagi direktur baru.

“Propaganda adalah propaganda dan pelaporan adalah pelaporan,” kata sumber itu. “Tapi kemudian saya akan mengatakan batasnya akan menjadi lebih kabur dan lebih kabur, dan sampai ke ujung jalan itu bisa menjadi CCTV. [China Central Television Network]. “

Author : Pengeluaran Sidney