World

China melarang BBC World News seminggu setelah penyiar pemerintah CGTN kehilangan lisensi Inggris

China melarang BBC World News seminggu setelah penyiar pemerintah CGTN kehilangan lisensi Inggris


Dalam pernyataan yang dikeluarkan menjelang Tahun Baru Imlek, Administrasi Radio dan Televisi Nasional mengatakan laporan BBC World News tentang China telah “sangat melanggar” peraturan, termasuk bahwa berita harus “jujur ​​dan adil.

Pemerintah juga mengklaim bahwa penyiar telah merugikan kepentingan nasional China dan merusak persatuan nasional, lapor Reuters.

Karena itu saluran tersebut tidak memenuhi persyaratan untuk saluran asing yang menyiarkan di China dan penerapannya untuk mengudara selama satu tahun lagi tidak akan diterima, tambahnya.

BBC World News berbahasa Inggris tidak termasuk dalam sebagian besar paket saluran TV di China tetapi tersedia di beberapa hotel dan tempat tinggal.

Dua jurnalis Reuters di China mengatakan saluran itu menjadi kosong di layar mereka.

BBC tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan: “Keputusan China untuk melarang BBC World News di China daratan adalah pembatasan kebebasan media yang tidak dapat diterima.

“China memiliki beberapa pembatasan paling ketat atas kebebasan media & internet di seluruh dunia dan langkah terbaru ini hanya akan merusak reputasi China di mata dunia.”

Itu terjadi seminggu setelah penyiar milik negara China, CGTN, lisensi untuk siarannya di Inggris dicabut setelah kehilangan “banyak” kesempatan untuk mematuhi peraturan.

Investigasi yang diluncurkan oleh Ofcom tahun lalu menemukan bahwa pemegang lisensi CGTN, Star China Media Limited, tidak memiliki kendali atas program yang ditampilkan.

Permohonan untuk mentransfer lisensi ke entitas bernama China Global Television Network Corporation (CGTNC) ditolak.

Ini karena “informasi penting hilang dari aplikasi, dan karena kami menganggap bahwa CGTNC akan didiskualifikasi dari pemegang lisensi, karena dikendalikan oleh badan yang pada akhirnya dikendalikan oleh Partai Komunis China,” kata Ofcom.

Saluran berita satelit juga ditemukan telah melanggar kode penyiaran dengan gagal menjaga ketidakberpihakan dalam liputannya tentang protes Hong Kong.

Ofcom akan segera mencapai keputusan tentang sanksi atas pelanggaran tersebut.

Author : Togel HKG